Mimpi Masyarakat Cikuya Untuk Peningkatan Ekonomi Melalui Telekomunikasi Yang Memadai

Ilustrasi menara BTS operator. (CNN Indonesia/Esta Yudhi Pratama, cikuya.sideka.id)
Cikuya, Ilustrasi seorang anak sedang memaikan handphone yang harus bersusah payah untuk mendapatkan jaringan sinyal maupun internet. (Estayudhipratama/Cikuya.sideka.id)

Cikuya.sideka.id-Culamega : Senin (31/12/2018) Warga Desa Cikuya Kecamatan Culamega berharap Perusahaan penyedia operator telekomunikasi Telkomsel menjalin kerjasama dengan Pemerintah Desa Cikuya, Culamega Tasikmalaya untuk membangun infrastruktur di desa cikuya.

Desa cikuya selama ini dikenal sebagai kawasan yang sangat lemah sinyal telekomunikasi dan  incaran destinasi wisata baik dari wisatawan lokal maupun mancanegara. Lokasi ini memang memiliki keindahan alam yang menakjubkan, terutama wisata setu denuh.

“Di Kecamatan Culamega khususnya  Desa Cikuya memang sudah ada Telkomsel, namun di di sebagian besar wilayah desa tidak terjangakau jaringan tersebut di karenakan di kelilingi oleh gunung-gunung yang menjulang sehingga sulit untuk mendapatkan sinyal. Hampir setiap rumah memiliki alat telekomunikasi tetapi tidak terhubung dengan internet yang memadai ” ujar Kepala Desa Cikuya Aang Suwarya S.Ip saat ditemui Pandu Desa di ruang kerjanya, Senin (25/10).

Peningkatan kualitas ekonomi di tunjang dengan alat komunikasi yang memadai.

Pembangunan infrastruktur oleh Telkomsel ini dipercaya akan memudahkan roda ekonomi maupun digital pemasaran tentang produk-produk unggulan warga komunikasi, dengan tertata dengan baik dan eksplorasi keindahan Desa Cikuya.

Selain itu, perluasan jaringan Telkomsel itu sekaligus menjadi bagian dari program Kementerian Komunikasi Dan Informatika yang bertema Go Digital yang berguna untuk aktivitas komunikasi dan promosi pengembangan potensi wisata Indonesia.

Menurut Kepala Desa, Masyarakat  kami Marginal setempat memang perlu “melek teknologi” dengan memainkan media sosial dan berbagi tentang keindahan Desa Cikuya itu sendiri.

Mengacu pada peningkatan teknologi di lokasi Desa Cikuya, sebelumnya salah seorang pimpinan dari Telkomsel akan merealisasikan MENARA BTS yang sudah di ajukan oleh Kepala Desa Cikuya Bp. Aang Suwarya tapi hanya sebatas pengajuan di sela-sela pertemuan di gedung sate bandung saat Bimbingan Teknis Lembaga Ekonomi Rakyat.

Ilustrasi menara BTS operator. (CNN Indonesia/Esta Yudhi Pratama, cikuya.sideka.id)

“Menurut salah satu warga yang di temui oleh Pandu Desa Cikuya Bp. Imat Darmawan Memang perlu untuk perluasan jaringan agar segala sesuatunya dapat terkoneksi lebih cepat dan akurat.

Pemanfaatan teknologi seperti itu diyakini akan menggenjot potensi wisata Desa, khususnya promosi ke kancah Pemda. (EYP)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan